Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mempersembahkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak diciptakan oleh banyak orang.
Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dihasilkan menggunakan bermacam-macam variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang bermacam, tapi yang biasanya digunakan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan benar-benar tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya mengaplikasikan beberapa tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh berjenis-jenis elemen, ialah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Misalnya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat bermacam dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta sudah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya sepatutnya amat diperhatikan dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi alhasil tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama yaitu mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menganjurkan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Seandainya desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih bingung dalam memastikan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Wajib pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya selanjutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap
Desain simpel dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beraneka tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diciptakan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dilakukan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa tempat percetakan umumnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan diaplikasikan adalah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pelaksanaan progres yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Cara akan lebih mahal apabila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres lazimnya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian faktor yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dihasilkan menggunakan bermacam-macam variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang bermacam, tapi yang biasanya digunakan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan benar-benar tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya mengaplikasikan beberapa tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh berjenis-jenis elemen, ialah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Misalnya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat bermacam dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta sudah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya sepatutnya amat diperhatikan dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi alhasil tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama yaitu mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menganjurkan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Seandainya desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih bingung dalam memastikan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Wajib pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya selanjutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap
Desain simpel dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beraneka tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diciptakan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dilakukan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa tempat percetakan umumnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan diaplikasikan adalah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pelaksanaan progres yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Cara akan lebih mahal apabila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres lazimnya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian faktor yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)