Jasa Poster Terpopuler di Martapura

Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan memakai bermacam-macam variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beraneka ukuran kertas yang beragam, tapi yang lazimnya dipakai antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang biasanya memakai beberapa tipe kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh berbagai unsur, ialah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.

Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Saat masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang sungguh-sungguh berbagai dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta sudah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian contoh kegunaan poster merupakan sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif

sistem-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan cara kerjanya seharusnya sangat diamati dan tak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi akhirnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster

Level pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.

Kami menganjurkan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih layak dengan warna yang menonjol di layar komputer atau notebook Anda.

Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat

Dunia Anda masih bingung dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti

Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diamati supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Patut berikutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti seharusnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap

Desain simpel dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran

Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens

Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima beraneka kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai dijadikan, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dilakukan adalah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan umumnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Digital vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, merupakan vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital

Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan dipakai ialah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres cara kerja yang cepat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal jika membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, namun biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian pelaksanaan umumnya lebih cepat dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:

Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingi percetakan digital.

E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster

Beberapa faktor yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama