Jasa Poster Terpopuler di Tasikmalaya

Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diciptakan menggunakan beragam variasi bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beragam ukuran kertas yang beraneka, namun yang biasanya digunakan antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya mengaplikasikan beberapa ragam kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka faktor, yaitu lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster hal yang demikian.

Misalnya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang umumnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang sungguh-sungguh beraneka dan untuk bermacam tujuan, serta telah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa contoh kegunaan poster yaitu sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran

cara-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya harus betul-betul dipandang dan tidak cuma dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun akibatnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster

Tahapan pertama yaitu mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi anjuran mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih sesuai dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Metode Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Jikalau desain poster yang sudah anda buat

Internet Anda masih kebingungan dalam memastikan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti

Mesti pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna saat mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat sasaran audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Seharusnya selanjutnya merupakan membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap

Desain simpel dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran

Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens

Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai diwujudkan, selanjutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu dilihat pada dikala akan mencetak poster yang umumnya dikerjakan ialah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Digital vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital

Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan diaplikasikan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses progres yang cepat.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis komputerisasi ini antara lain ialah sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal jika membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun biasanya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian progres umumnya lebih cepat diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset merupakan sistem percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain adalah sebagai berikut:

Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah jika mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pengerjaan lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.

E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster

Sebagian faktor yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama