Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.
Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menerapkan bermacam-macam macam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang berjenis-jenis, melainkan yang biasanya digunakan antara lain merupakan sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya mengaplikasikan beberapa variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh pelbagai faktor, merupakan lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang benar-benar bermacam-macam dan untuk pelbagai tujuan, serta telah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya seharusnya amat diperhatikan dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan alhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama ialah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih pantas dengan warna yang menonjol di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Jikalau desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Wajib pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya berikutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain sederhana dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beragam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dilakukan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada beberapa daerah percetakan umumnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diaplikasikan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja progres yang cepat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal jikalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan umumnya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama dibandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa faktor yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menerapkan bermacam-macam macam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang berjenis-jenis, melainkan yang biasanya digunakan antara lain merupakan sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya mengaplikasikan beberapa variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh pelbagai faktor, merupakan lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang benar-benar bermacam-macam dan untuk pelbagai tujuan, serta telah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya seharusnya amat diperhatikan dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan alhasil konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama ialah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih pantas dengan warna yang menonjol di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Jikalau desain poster yang sudah anda buat
Maya Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Wajib pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya berikutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain sederhana dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan beragam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dilakukan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada beberapa daerah percetakan umumnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diaplikasikan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja progres yang cepat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal jikalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan umumnya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama dibandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa faktor yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)