Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak diciptakan oleh banyak orang.
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menerapkan berjenis-jenis ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beragam ukuran kertas yang bermacam-macam, tapi yang umumnya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan benar-benar tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh bermacam elemen, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.
Umpamanya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat pelbagai dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan prosesnya sepatutnya betul-betul dipandang dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya namun akibatnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menganjurkan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih cocok dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Jika desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih bingung dalam menentukan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya selanjutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk menerima beraneka kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang umumnya dilaksanakan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, ialah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diterapkan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja cara kerja yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam digital ini antara lain yakni sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal bila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa proses umumnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menerapkan berjenis-jenis ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beragam ukuran kertas yang bermacam-macam, tapi yang umumnya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan benar-benar tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh bermacam elemen, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.
Umpamanya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat pelbagai dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan prosesnya sepatutnya betul-betul dipandang dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya namun akibatnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menganjurkan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih cocok dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Jika desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih bingung dalam menentukan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya selanjutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sungguh-sungguh bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk menerima beraneka kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang umumnya dilaksanakan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, ialah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diterapkan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja cara kerja yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam digital ini antara lain yakni sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal bila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa proses umumnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)