Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat mengaplikasikan beraneka tipe bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari pelbagai ukuran kertas yang beraneka, melainkan yang biasanya digunakan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya mengaplikasikan sebagian variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh bermacam unsur, merupakan lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Umpamanya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sangat bermacam dan untuk bermacam tujuan, serta telah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa teladan kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pengerjaannya mesti betul-betul dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun akhirnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi saran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih cocok dengan warna yang menonjol di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya selanjutnya merupakan membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain simpel dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang umumnya dijalankan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan dipakai yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan cara kerja cara kerja yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain ialah sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal jika memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian cara kerja biasanya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa proses lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian unsur yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan titik UV atau emboss)
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat mengaplikasikan beraneka tipe bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari pelbagai ukuran kertas yang beraneka, melainkan yang biasanya digunakan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya mengaplikasikan sebagian variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh bermacam unsur, merupakan lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Umpamanya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sangat bermacam dan untuk bermacam tujuan, serta telah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa teladan kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pengerjaannya mesti betul-betul dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun akhirnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami memberi saran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih cocok dengan warna yang menonjol di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya selanjutnya merupakan membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain simpel dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang umumnya dijalankan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan dipakai yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan cara kerja cara kerja yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain ialah sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal jika memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian cara kerja biasanya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa proses lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian unsur yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan titik UV atau emboss)