Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi menerapkan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diciptakan menerapkan bermacam tipe bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beraneka ukuran kertas yang berjenis-jenis, tapi yang lazimnya digunakan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan benar-benar tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang biasanya mengaplikasikan beberapa ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh pelbagai unsur, adalah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sungguh-sungguh beragam dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian teladan kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya mesti sungguh-sungguh diamati dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun akibatnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih layak dengan warna yang tampak di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Apabila desain poster yang telah anda buat
Maya Anda masih kebingungan dalam menentukan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya berikutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Seharusnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan pelbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dijadikan, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diterapkan yakni mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses cara kerja yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal apabila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan umumnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi menerapkan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diciptakan menerapkan bermacam tipe bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beraneka ukuran kertas yang berjenis-jenis, tapi yang lazimnya digunakan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan benar-benar tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang biasanya mengaplikasikan beberapa ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh pelbagai unsur, adalah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang sungguh-sungguh beragam dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian teladan kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya mesti sungguh-sungguh diamati dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun akibatnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih layak dengan warna yang tampak di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Apabila desain poster yang telah anda buat
Maya Anda masih kebingungan dalam menentukan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya berikutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Seharusnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan pelbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dijadikan, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diterapkan yakni mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses cara kerja yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal apabila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan umumnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)