Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menerapkan bermacam jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang pelbagai, tapi yang umumnya diterapkan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang umumnya memakai sebagian tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh beraneka elemen, adalah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang umumnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang benar-benar bermacam dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta sudah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pengerjaannya wajib betul-betul dilihat dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi kesudahannya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama yaitu mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih pantas dengan warna yang menonjol di layar komputer atau notebook Anda.
Cara Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Sekiranya desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih linglung dalam menentukan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus selanjutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dilakukan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa daerah percetakan lazimnya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan diterapkan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pelaksanaan progres yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal seandainya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan biasanya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menerapkan bermacam jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang pelbagai, tapi yang umumnya diterapkan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang umumnya memakai sebagian tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh beraneka elemen, adalah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang umumnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang benar-benar bermacam dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta sudah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pengerjaannya wajib betul-betul dilihat dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi kesudahannya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama yaitu mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih pantas dengan warna yang menonjol di layar komputer atau notebook Anda.
Cara Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Sekiranya desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih linglung dalam menentukan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Patut pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus selanjutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dilakukan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa daerah percetakan lazimnya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan diterapkan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pelaksanaan progres yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal seandainya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan biasanya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)