Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dihasilkan mengaplikasikan beragam tipe bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berbagai ukuran kertas yang berbagai, tapi yang lazimnya digunakan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menggunakan sebagian tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berbagai faktor, merupakan lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.
Umpamanya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, secara khusus perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang benar-benar berjenis-jenis dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pelaksanaannya patut benar-benar diamati dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan akhirnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih cocok dengan warna yang tampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Metode Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Bila desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya berikutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap
Desain sederhana dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima beraneka tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan diterapkan yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses cara kerja yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal sekiranya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa cara kerja biasanya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian proses lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dihasilkan mengaplikasikan beragam tipe bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berbagai ukuran kertas yang berbagai, tapi yang lazimnya digunakan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menggunakan sebagian tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berbagai faktor, merupakan lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.
Umpamanya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, secara khusus perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang benar-benar berjenis-jenis dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pelaksanaannya patut benar-benar diamati dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan akhirnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih cocok dengan warna yang tampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Metode Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Bila desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya berikutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap
Desain sederhana dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diaplikasikan.
8. Tips Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima beraneka tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan diterapkan yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses cara kerja yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal sekiranya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa cara kerja biasanya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian proses lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)