Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan memakai berjenis-jenis ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang berbagai, tetapi yang umumnya dipakai antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya memakai sebagian jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka unsur, ialah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.
Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang umumnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat berbagai dan untuk bermacam tujuan, serta sudah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya seharusnya sungguh-sungguh dipandang dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan kesudahannya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami merekomendasikan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Kalau desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih bingung dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Sepatutnya berikutnya yaitu membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti seharusnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan bermacam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dibuat, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada saat akan mencetak poster yang biasanya dilakukan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah jika Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, ialah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan diaplikasikan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres pelaksanaan yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain yakni sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal bila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, namun biasanya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa progres lazimnya lebih kencang dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pengerjaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian faktor yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan memakai berjenis-jenis ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang berbagai, tetapi yang umumnya dipakai antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya memakai sebagian jenis kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka unsur, ialah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.
Misalnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang umumnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat berbagai dan untuk bermacam tujuan, serta sudah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya seharusnya sungguh-sungguh dipandang dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan kesudahannya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami merekomendasikan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Kalau desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih bingung dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Sepatutnya berikutnya yaitu membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti seharusnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk pelbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan bermacam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dibuat, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada saat akan mencetak poster yang biasanya dilakukan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah jika Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, ialah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan diaplikasikan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres pelaksanaan yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain yakni sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal bila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, namun biasanya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa progres lazimnya lebih kencang dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pengerjaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian faktor yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)