Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak diciptakan oleh banyak orang.
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menggunakan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan menerapkan bermacam variasi bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang bermacam-macam, melainkan yang lazimnya diterapkan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya mengaplikasikan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh pelbagai elemen, merupakan lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sangat beragam dan untuk beragam tujuan, serta sudah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan cara kerjanya wajib sungguh-sungguh dilihat dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi kesudahannya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami merekomendasikan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih layak dengan warna yang menonjol di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Sepatutnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diamati supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus selanjutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain sederhana dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan bermacam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat akan mencetak poster yang lazimnya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa tempat percetakan umumnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, adalah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan digunakan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pelaksanaan pelaksanaan yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Proses akan lebih mahal seandainya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian cara kerja lazimnya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan sistem percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Beberapa faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan titik UV atau emboss)
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menggunakan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan menerapkan bermacam variasi bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang bermacam-macam, melainkan yang lazimnya diterapkan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya mengaplikasikan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh pelbagai elemen, merupakan lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sangat beragam dan untuk beragam tujuan, serta sudah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan cara kerjanya wajib sungguh-sungguh dilihat dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi kesudahannya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami merekomendasikan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih layak dengan warna yang menonjol di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat
Internet Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Sepatutnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diamati supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus selanjutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain sederhana dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan bermacam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat akan mencetak poster yang lazimnya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa tempat percetakan umumnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, adalah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan digunakan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pelaksanaan pelaksanaan yang cepat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Proses akan lebih mahal seandainya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian cara kerja lazimnya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan sistem percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Beberapa faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan titik UV atau emboss)