Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi menggunakan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat memakai beragam jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang beraneka, namun yang biasanya diaplikasikan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya memakai beberapa variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berjenis-jenis unsur, yakni lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang benar-benar pelbagai dan untuk beraneka tujuan, serta sudah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa contoh kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan cara kerjanya seharusnya sungguh-sungguh diperhatikan dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tetapi akhirnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menyarankan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih pantas dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Metode Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Apabila desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih linglung dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya selanjutnya merupakan membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diwujudkan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, yakni vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan dipakai yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses cara kerja yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal jika membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian progres lazimnya lebih kencang dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan sistem percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah jikalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa unsur yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi menggunakan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat memakai beragam jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang beraneka, namun yang biasanya diaplikasikan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya memakai beberapa variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berjenis-jenis unsur, yakni lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang benar-benar pelbagai dan untuk beraneka tujuan, serta sudah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa contoh kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan cara kerjanya seharusnya sungguh-sungguh diperhatikan dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tetapi akhirnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menyarankan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih pantas dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Metode Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Apabila desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih linglung dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Seharusnya selanjutnya merupakan membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berbagai ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diwujudkan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, yakni vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan dipakai yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses cara kerja yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal jika membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian progres lazimnya lebih kencang dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan sistem percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah jikalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa unsur yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)