Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat memakai pelbagai jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang pelbagai, namun yang lazimnya dipakai antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang lazimnya mengaplikasikan sebagian tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh beragam elemen, yaitu lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang umumnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sangat berjenis-jenis dan untuk bermacam tujuan, serta telah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pengerjaannya sepatutnya sangat diamati dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan akhirnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami menyarankan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih pantas dengan warna yang terlihat di layar komputer atau laptop Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak keperluan
Apabila desain poster yang telah anda buat
Maya Anda masih bingung dalam menentukan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang umumnya dijalankan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada beberapa daerah percetakan umumnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan diterapkan yakni mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pengerjaan pelaksanaan yang kencang.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian progres biasanya lebih pesat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa faktor yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian spot UV atau emboss)
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat memakai pelbagai jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam ukuran kertas yang pelbagai, namun yang lazimnya dipakai antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan betul-betul tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang lazimnya mengaplikasikan sebagian tipe kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh beragam elemen, yaitu lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang umumnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sangat berjenis-jenis dan untuk bermacam tujuan, serta telah diterapkan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pengerjaannya sepatutnya sangat diamati dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan akhirnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami menyarankan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih pantas dengan warna yang terlihat di layar komputer atau laptop Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak keperluan
Apabila desain poster yang telah anda buat
Maya Anda masih bingung dalam menentukan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis bahkan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai diciptakan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang umumnya dijalankan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada beberapa daerah percetakan umumnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan diterapkan yakni mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pengerjaan pelaksanaan yang kencang.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian progres biasanya lebih pesat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa faktor yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian spot UV atau emboss)