Poster yaitu satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diciptakan menggunakan beraneka jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beragam ukuran kertas yang beraneka, melainkan yang biasanya diterapkan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya memakai sebagian variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka faktor, merupakan lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang benar-benar bermacam dan untuk bermacam-macam tujuan, serta sudah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan pelaksanaannya mesti sungguh-sungguh dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi alhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih layak dengan warna yang terlihat di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih kebingungan dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus berikutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain simpel dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens
Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima bermacam-macam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diciptakan, selanjutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dikerjakan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan dipakai ialah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses pelaksanaan yang kencang.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa cara kerja biasanya lebih pesat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah jika mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian unsur yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat diciptakan menggunakan beraneka jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beragam ukuran kertas yang beraneka, melainkan yang biasanya diterapkan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya memakai sebagian variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka faktor, merupakan lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang benar-benar bermacam dan untuk bermacam-macam tujuan, serta sudah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan pelaksanaannya mesti sungguh-sungguh dilihat dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi alhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih layak dengan warna yang terlihat di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih kebingungan dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus berikutnya adalah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap
Desain simpel dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens
Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima bermacam-macam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diciptakan, selanjutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diamati pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dikerjakan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan dipakai ialah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses pelaksanaan yang kencang.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa cara kerja biasanya lebih pesat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah jika mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tetapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Sebagian unsur yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)