Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menerapkan bermacam-macam tipe bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beraneka ukuran kertas yang pelbagai, tapi yang lazimnya digunakan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan benar-benar tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam faktor, yakni lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sungguh-sungguh berjenis-jenis dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya mesti benar-benar dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan hasilnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih pantas dengan warna yang menonjol di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Online Anda masih kebingungan dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan kepada target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut berikutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain simpel dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan dipakai merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan cara kerja pelaksanaan yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal kalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian cara kerja biasanya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan sistem percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa unsur yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi memakai poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menerapkan bermacam-macam tipe bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beraneka ukuran kertas yang pelbagai, tapi yang lazimnya digunakan antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan benar-benar tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam faktor, yakni lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sungguh-sungguh berjenis-jenis dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya mesti benar-benar dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan hasilnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster
Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih pantas dengan warna yang menonjol di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat
Online Anda masih kebingungan dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Mesti Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan kepada target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut berikutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain simpel dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan merupakan sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan dipakai merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan cara kerja pelaksanaan yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal kalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian cara kerja biasanya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan sistem percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster
Beberapa unsur yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)