Jasa Poster Terpopuler di Pasangkayu

Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi menggunakan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak cuma terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menggunakan bermacam variasi bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang bermacam-macam, tapi yang umumnya diterapkan antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang digunakan untuk poster akan sangat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang umumnya memakai sebagian tipe kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh pelbagai elemen, yakni lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.

Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Saat masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang benar-benar berjenis-jenis dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa teladan kegunaan poster ialah sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Tepat

sistem-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan pengerjaannya seharusnya sangat dipandang dan tak cuma dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tetapi akhirnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster

Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami merekomendasikan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih layak dengan warna yang tampak di layar komputer atau laptop Anda.

Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Bila desain poster yang sudah anda buat

Dunia Anda masih kebingungan dalam menentukan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti

Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Seharusnya selanjutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap

Desain sederhana dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran

Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens

Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima berbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai diwujudkan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu dipandang pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dikerjakan yakni sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian tempat percetakan umumnya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Digital vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, merupakan vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan digunakan adalah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pelaksanaan proses yang pesat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi biasanya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa progres biasanya lebih kencang dibandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:

Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.

E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster

Beberapa faktor yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama