Jasa Poster Terpopuler di Kotawaringin Timur

Poster yaitu satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak diciptakan oleh banyak orang.

Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan kiat desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak hanya terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan menerapkan bermacam-macam ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam memastikan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang bermacam, namun yang biasanya dipakai antara lain yakni sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan sangat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan sebagian macam kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka unsur, yakni lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.

Umpamanya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang betul-betul berbagai dan untuk pelbagai tujuan, serta sudah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian figur kegunaan poster adalah sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif

metode-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan prosesnya harus sungguh-sungguh diperhatikan dan tidak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun alhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster

Level pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami menyarankan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih sesuai dengan warna yang nampak di layar komputer atau notebook Anda.

Metode Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Sekiranya desain poster yang telah anda buat

Maya Anda masih linglung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti

Harus pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap target audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat target audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Mesti selanjutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap

Desain simpel dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Kalau Ukuran

Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens

Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima pelbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai dihasilkan, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu diamati pada saat akan mencetak poster yang umumnya dilaksanakan adalah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, merupakan vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan diaplikasikan yakni mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses pengerjaan yang pesat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian cara kerja umumnya lebih kencang dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yakni sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah jika mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian proses lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.

E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster

Sebagian elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama