Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan mengaplikasikan bermacam-macam ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang beraneka, namun yang lazimnya diterapkan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan benar-benar tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya menerapkan beberapa ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh bermacam-macam faktor, adalah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sangat pelbagai dan untuk bermacam tujuan, serta sudah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya wajib sungguh-sungguh dipandang dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi alhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih pantas dengan warna yang tampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Sekiranya desain poster yang telah anda buat
Online Anda masih linglung dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens
Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diwujudkan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dipandang pada saat akan mencetak poster yang umumnya dikerjakan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa tempat percetakan umumnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diterapkan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pengerjaan cara kerja yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal seandainya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan umumnya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan mengaplikasikan bermacam-macam ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang beraneka, namun yang lazimnya diterapkan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan benar-benar tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang umumnya menerapkan beberapa ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh bermacam-macam faktor, adalah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.
Semisal Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang sangat pelbagai dan untuk bermacam tujuan, serta sudah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran
sistem-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya wajib sungguh-sungguh dipandang dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi alhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi anjuran menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih pantas dengan warna yang tampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Cara Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Sekiranya desain poster yang telah anda buat
Online Anda masih linglung dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis malah bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens
Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diwujudkan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dipandang pada saat akan mencetak poster yang umumnya dikerjakan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa tempat percetakan umumnya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diterapkan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pengerjaan cara kerja yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal seandainya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan umumnya lebih kencang diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang memberi pengaruh tarif cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)