Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk memperkenalkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga merupakan salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diciptakan memakai pelbagai ragam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang berjenis-jenis, melainkan yang biasanya dipakai antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sangat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam-macam elemen, adalah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul beragam dan untuk pelbagai tujuan, serta sudah dipakai semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa contoh kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pelaksanaannya wajib sangat dilihat dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi walhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih pantas dengan warna yang tampak di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Seandainya desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat sasaran audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Mesti berikutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti mesti penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan diaplikasikan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres progres yang kencang.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Progres akan lebih mahal seandainya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa progres umumnya lebih kencang dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian unsur yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diciptakan memakai pelbagai ragam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang berjenis-jenis, melainkan yang biasanya dipakai antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sangat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan sebagian ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam-macam elemen, adalah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul beragam dan untuk pelbagai tujuan, serta sudah dipakai semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran informasi, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa contoh kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pelaksanaannya wajib sangat dilihat dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi walhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih pantas dengan warna yang tampak di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Seandainya desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat sasaran audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Mesti berikutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti mesti penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan diaplikasikan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres progres yang kencang.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Progres akan lebih mahal seandainya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tetapi lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa progres umumnya lebih kencang dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian unsur yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)