Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menggunakan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menggunakan bermacam tipe bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang bermacam-macam, melainkan yang lazimnya diaplikasikan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sangat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang biasanya menerapkan beberapa ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam unsur, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang amat beragam dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah dipakai semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa teladan kegunaan poster merupakan sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan progresnya semestinya amat dipandang dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi walhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih cocok dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Metode Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Bila desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih keder dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib berikutnya yaitu membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti mesti penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain simpel dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Kalau Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk menerima bermacam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, yakni vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan digunakan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses pengerjaan yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal seandainya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa proses umumnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni sistem percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama dibandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian unsur yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Berikut akan digambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menggunakan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu jenis saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menggunakan bermacam tipe bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang bermacam-macam, melainkan yang lazimnya diaplikasikan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sangat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang biasanya menerapkan beberapa ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam unsur, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang amat beragam dan untuk bermacam-macam tujuan, serta telah dipakai semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa teladan kegunaan poster merupakan sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran
metode-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan progresnya semestinya amat dipandang dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi walhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih cocok dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Metode Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Bila desain poster yang telah anda buat
Internet Anda masih keder dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib berikutnya yaitu membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti mesti penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain simpel dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Kalau Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens
Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk menerima bermacam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, yakni vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan digunakan yaitu mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses pengerjaan yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal seandainya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa proses umumnya lebih cepat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni sistem percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama dibandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian unsur yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)