Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.
Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat memakai bermacam-macam jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berbagai ukuran kertas yang berbagai, namun yang biasanya dipakai antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya memakai sebagian variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beragam elemen, merupakan lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, secara khusus perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat beraneka dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta sudah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan progresnya patut sungguh-sungguh dilihat dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi kesudahannya tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih sesuai dengan warna yang terlihat di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Jikalau desain poster yang telah anda buat
Maya Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Sepatutnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Sepatutnya berikutnya merupakan membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain simpel dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diaplikasikan.
8. Kiat Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima berbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dibuat, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada dikala akan mencetak poster yang umumnya dikerjakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan umumnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan digunakan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pelaksanaan cara kerja yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal kalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan lazimnya lebih kencang dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian progres lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)
Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat memakai bermacam-macam jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memutuskan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berbagai ukuran kertas yang berbagai, namun yang biasanya dipakai antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya memakai sebagian variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beragam elemen, merupakan lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, secara khusus perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat beraneka dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta sudah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian contoh kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
sistem-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan progresnya patut sungguh-sungguh dilihat dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi kesudahannya tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Jenjang pertama adalah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih sesuai dengan warna yang terlihat di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok keperluan
Jikalau desain poster yang telah anda buat
Maya Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Sepatutnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Sepatutnya berikutnya merupakan membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain simpel dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diaplikasikan.
8. Kiat Audiens
Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima berbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dibuat, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dilihat pada dikala akan mencetak poster yang umumnya dikerjakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan umumnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, adalah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan digunakan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pelaksanaan cara kerja yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal kalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan lazimnya lebih kencang dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset merupakan metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian progres lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Beberapa elemen yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang dipakai,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)