Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan mengaplikasikan beragam variasi bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beragam ukuran kertas yang beragam, tetapi yang biasanya digunakan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang biasanya menggunakan beberapa variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berjenis-jenis unsur, ialah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul pelbagai dan untuk beragam tujuan, serta sudah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa teladan kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pelaksanaannya seharusnya betul-betul diperhatikan dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya namun hasilnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menyarankan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang nampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Jikalau desain poster yang sudah anda buat
Online Anda masih bingung dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Sepatutnya berikutnya yaitu membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk menerima beragam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dibuat, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dikerjakan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian daerah percetakan umumnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, ialah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan digunakan ialah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses proses yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal sekiranya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian pelaksanaan biasanya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian spot UV atau emboss)
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan mengaplikasikan beragam variasi bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam memastikan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beragam ukuran kertas yang beragam, tetapi yang biasanya digunakan antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang biasanya menggunakan beberapa variasi kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berjenis-jenis unsur, ialah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang dipakai sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Saat masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul pelbagai dan untuk beragam tujuan, serta sudah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa teladan kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pelaksanaannya seharusnya betul-betul diperhatikan dan tidak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya namun hasilnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama merupakan mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menyarankan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang nampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Jikalau desain poster yang sudah anda buat
Online Anda masih bingung dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti
Seharusnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan tips sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Sepatutnya berikutnya yaitu membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten jelas terbaca oleh target audiens, apapun ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk menerima beragam tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dibuat, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dikerjakan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian daerah percetakan umumnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, ialah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan digunakan ialah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses proses yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal sekiranya memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian pelaksanaan biasanya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset ialah sistem percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain adalah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingkan percetakan komputerisasi.
E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian spot UV atau emboss)