Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat menerapkan beragam ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam ukuran kertas yang beragam, tapi yang biasanya diaplikasikan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh beragam elemen, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang benar-benar pelbagai dan untuk bermacam tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
metode-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya patut benar-benar diamati dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi akhirnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih sesuai dengan warna yang menonjol di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak keperluan
Apabila desain poster yang telah anda buat
Maya Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Wajib pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya merupakan membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berjenis-jenis kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dipandang pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, merupakan vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan diterapkan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses proses yang cepat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian pengerjaan biasanya lebih pesat diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Sebagian unsur yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak hanya terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat menerapkan beragam ragam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam ukuran kertas yang beragam, tapi yang biasanya diaplikasikan antara lain adalah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan beberapa macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh beragam elemen, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.
Semisal Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, lebih-lebih perang dunia 1 dan 2, poster diciptakan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang benar-benar pelbagai dan untuk bermacam tujuan, serta telah digunakan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster yaitu sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
metode-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya patut benar-benar diamati dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi akhirnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi rekomendasi menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih sesuai dengan warna yang menonjol di layar komputer atau notebook Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak keperluan
Apabila desain poster yang telah anda buat
Maya Anda masih bingung dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti
Wajib pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Semestinya berikutnya merupakan membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap
Desain simpel dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Seandainya Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Kiat Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berjenis-jenis kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dihasilkan, berikutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu dipandang pada ketika akan mencetak poster yang lazimnya dijalankan adalah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan biasanya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, merupakan vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan diterapkan yaitu mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses proses yang cepat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:
Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal jikalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian pengerjaan biasanya lebih pesat diperbandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu metode percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster
Sebagian unsur yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)