Jasa Poster Tercepat di Puncak Jaya

Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga yakni salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menggunakan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak hanya terdiri dari satu macam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menerapkan bermacam-macam ragam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menentukan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang bermacam, namun yang lazimnya diterapkan antara lain adalah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang dipakai untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang lazimnya menerapkan beberapa macam kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh berjenis-jenis unsur, yaitu lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.

Seumpama Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang digunakan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Dikala masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang sangat beraneka dan untuk berjenis-jenis tujuan, serta telah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa contoh kegunaan poster merupakan sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif

sistem-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus efektif, keseluruhan prosesnya patut sangat dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tetapi hasilnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster

Tahapan pertama yaitu mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.

Kami memberi rekomendasi menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih pantas dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau laptop Anda.

Cara Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Kalau desain poster yang telah anda buat

Internet Anda masih kebingungan dalam menentukan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah cocok kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti

Mesti pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan kepada target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Patut selanjutnya yaitu membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti mesti penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap

Desain simpel dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran

Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk berjenis-jenis ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Tips Audiens

Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan beragam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai diciptakan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang lazimnya dikerjakan ialah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah bila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, adalah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital

Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan digunakan adalah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan proses progres yang cepat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal kalau memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tapi biasanya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian proses lazimnya lebih kencang dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset adalah cara percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain ialah sebagai berikut:

Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.

E. Sebagian yang mempengaruhi biaya cetak poster

Sebagian elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yakni sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan spot UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama