Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk menyajikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diwujudkan menerapkan pelbagai jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang bermacam-macam, tetapi yang umumnya dipakai antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang biasanya menerapkan sebagian macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beragam elemen, ialah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang amat bermacam-macam dan untuk bermacam-macam tujuan, serta sudah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa contoh kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan progresnya semestinya benar-benar dipandang dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi akibatnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami menganjurkan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih pantas dengan warna yang menonjol di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Seandainya desain poster yang telah anda buat
Maya Anda masih bingung dalam memastikan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat sasaran audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain sederhana dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dilaksanakan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian tempat percetakan umumnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, ialah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diterapkan ialah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pelaksanaan proses yang cepat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal jikalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian cara kerja umumnya lebih kencang dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diwujudkan menerapkan pelbagai jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berjenis-jenis ukuran kertas yang bermacam-macam, tetapi yang umumnya dipakai antara lain yakni sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang biasanya menerapkan sebagian macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beragam elemen, ialah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster hal yang demikian.
Seumpama Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malah A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang amat bermacam-macam dan untuk bermacam-macam tujuan, serta sudah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa contoh kegunaan poster ialah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan progresnya semestinya benar-benar dipandang dan tidak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang betul-betul penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi akibatnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Level pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.
Kami menganjurkan mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih pantas dengan warna yang menonjol di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Seandainya desain poster yang telah anda buat
Maya Anda masih bingung dalam memastikan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diterapkan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dilihat agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat sasaran audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib selanjutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap
Desain sederhana dan minimalis malahan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran
Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap jelas terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk menerima berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai dijadikan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang lazimnya dilaksanakan yakni sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan macam dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian tempat percetakan umumnya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, ialah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diterapkan ialah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pelaksanaan proses yang cepat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal jikalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian cara kerja umumnya lebih kencang dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah kalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa cara kerja lebih lama dibandingi percetakan digital.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Sebagian faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga biasanya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pengaplikasian titik UV atau emboss)