Jasa Poster Tercepat di Mangupura

Poster yaitu satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibuktikan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi mengaplikasikan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan suatu kesibukan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak hanya terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menerapkan berjenis-jenis jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam memutuskan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beraneka ukuran kertas yang berjenis-jenis, tapi yang umumnya digunakan antara lain merupakan sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang dipakai untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang biasanya menggunakan sebagian tipe kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh bermacam faktor, merupakan lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.

Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Saat masa perang, secara khusus perang dunia 1 dan 2, poster diwujudkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang amat berbagai dan untuk beraneka tujuan, serta telah diterapkan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa teladan kegunaan poster yakni sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran

metode-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan progresnya harus benar-benar diperhatikan dan tidak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta ideal target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan hasilnya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster

Tingkatan pertama ialah mendesain poster, yang bisa Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi masukan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih pantas dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Cara Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster layak kebutuhan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat

Internet Anda masih bingung dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti

Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan terhadap sasaran audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih terkait dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang dipakai, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna ketika mendesain poster biasanya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Wajib berikutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti semestinya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap

Desain simpel dan minimalis bahkan bisa menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran

Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Tips Audiens

Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans ketertarikan audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai diciptakan, selanjutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dilakukan yakni sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah kalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, merupakan vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan dipakai yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pengerjaan proses yang kencang.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain yakni sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal apabila memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tapi umumnya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pelaksanaan lazimnya lebih kencang diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset merupakan cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain yakni sebagai berikut:

Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Biasanya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pengerjaan lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.

E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster

Sebagian faktor yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama