Jasa Poster Tercepat di Humbang Hasundutan

Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk mempersembahkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.

Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi menerapkan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan mengaplikasikan bermacam-macam jenis bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beraneka ukuran kertas yang bermacam, tetapi yang lazimnya dipakai antara lain yaitu sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diterapkan untuk poster akan amat tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menerapkan beberapa tipe kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh beragam faktor, yakni lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.

Misalnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diwujudkan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, terutamanya perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang amat beragam dan untuk berbagai tujuan, serta telah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian teladan kegunaan poster yaitu sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran

metode-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan prosesnya patut betul-betul dipandang dan tak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, target audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta pas sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif melainkan hasilnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster

Level pertama adalah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan memakai program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.

Kami memberi rekomendasi menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih layak dengan warna yang terlihat di layar komputer atau notebook Anda.

Metode Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Seandainya desain poster yang telah anda buat

Dunia Anda masih linglung dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Mudah Gampang Dibaca dan Mudah Dimengerti

Wajib pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diamati supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna ketika mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Sepatutnya berikutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap

Desain sederhana dan minimalis bahkan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran

Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Tips Audiens

Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai diwujudkan, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat akan mencetak poster yang biasanya dilakukan yaitu sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang mau dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian tempat percetakan umumnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 variasi, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan dipakai adalah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pelaksanaan pelaksanaan yang kencang.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe digital ini antara lain yakni sebagai berikut:

Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Cara akan lebih mahal jika membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian cara kerja umumnya lebih pesat diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yakni cara percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan betul-betul mahal,
Jauh lebih murah jikalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menerapkan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pengerjaan lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.

E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster

Sebagian faktor yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama