Jasa Poster Tercepat di Batulicin

Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk memperkenalkan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak diciptakan oleh banyak orang.

Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menggunakan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak hanya terdiri dari satu macam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan menerapkan beraneka macam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menentukan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beraneka ukuran kertas yang berbagai, namun yang biasanya diaplikasikan antara lain yaitu sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang digunakan untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang biasanya mengaplikasikan sebagian jenis kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menentukan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh bermacam elemen, ialah lokasi tempat poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.

Misalnya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya merupakan menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang benar-benar bermacam-macam dan untuk pelbagai tujuan, serta sudah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa teladan kegunaan poster ialah sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kegiatan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Tepat

metode-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan prosesnya patut sungguh-sungguh dilihat dan tak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membuat poster yang kreatif serta pas target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya melainkan hasilnya tetap maksimal.
A. Mendesain Poster

Level pertama yakni mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi rekomendasi menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih pantas dengan warna yang terlihat di layar komputer atau komputer jinjing Anda.

Cara Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai keperluan
Sekiranya desain poster yang sudah anda buat

Online Anda masih bingung dalam memastikan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah sesuai kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Sepatutnya Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti

Seharusnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan kepada target audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang diterapkan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna ketika mendesain poster lazimnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin target audiens menjadi terkenal dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Patut selanjutnya yaitu membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap

Desain simpel dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini patut dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran

Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens

Harus terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang minat audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan beraneka kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai dibuat, selanjutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu diamati pada saat akan mencetak poster yang lazimnya dilakukan ialah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada beberapa tempat percetakan umumnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Digital vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, yaitu vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan digunakan ialah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pelaksanaan pengerjaan yang kencang.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Umumnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal jika memerlukan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, namun umumnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa pengerjaan lazimnya lebih cepat dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yakni metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dikerjakan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:

Tidak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah apabila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian progres lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.

E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster

Sebagian elemen yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama