Jasa Poster Tercepat di Baa

Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dijadikan oleh banyak orang.

Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana cara kerja percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster merupakan perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak hanya terdiri dari satu ragam saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dijadikan mengaplikasikan pelbagai macam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam memutuskan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beragam ukuran kertas yang beragam, tapi yang lazimnya diaplikasikan antara lain merupakan sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang dipakai untuk poster akan sangat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang umumnya memakai beberapa variasi kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh beraneka unsur, yakni lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempel poster tersebut.

Semisal Anda akan memasang poster pada halte bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang lazimnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, terpenting perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang benar-benar berbagai dan untuk beraneka tujuan, serta sudah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian model kegunaan poster yaitu sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran

sistem-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekaligus tepat sasaran, keseluruhan prosesnya mesti betul-betul diamati dan tidak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membikin poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tapi akibatnya tetap optimal.
A. Mendesain Poster

Tahapan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.

Kami merekomendasikan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih pantas dengan warna yang kelihatan di layar komputer atau laptop Anda.

Sistem Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat

Maya Anda masih kebingungan dalam menentukan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti

Patut pertama, pastikan poster mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga berita yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna ketika mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Semestinya selanjutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Setiap

Desain sederhana dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran

Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens

Patut terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima berjenis-jenis kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai dihasilkan, selanjutnya adalah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang umumnya dikerjakan ialah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan tipe dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada beberapa daerah percetakan lazimnya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menggunakan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan digital, lazimnya mesin yang akan digunakan merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja pengerjaan yang pesat.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Pelaksanaan akan lebih mahal seandainya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan komputerisasi printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa cara kerja lazimnya lebih pesat dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset merupakan sistem percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilaksanakan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah jikalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya menggunakan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.

E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster

Beberapa faktor yang akan memberi pengaruh biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama