Jasa Poster Terbaik di Ngasem

Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk memberi tahu produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana pelaksanaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya digunakan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak cuma terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dibuat menggunakan beragam macam bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam ukuran kertas yang berjenis-jenis, tetapi yang umumnya digunakan antara lain merupakan sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang dipakai untuk poster akan amat tergantung pada kebutuhan serta kebutuhan Anda, yang lazimnya memakai beberapa variasi kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh pelbagai unsur, yaitu lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster tersebut.

Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bis yang tidak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tapi untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, terpenting perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang benar-benar bermacam dan untuk pelbagai tujuan, serta sudah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Beberapa model kegunaan poster ialah sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran

cara-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pengerjaannya semestinya betul-betul diperhatikan dan tak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, target audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tapi akibatnya tetap optimal.
A. Mendesain Poster

Jenjang pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi masukan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dijadikan akan lebih layak dengan warna yang tampak di layar komputer atau laptop Anda.

Metode Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Apabila desain poster yang sudah anda buat

Online Anda masih kebingungan dalam menentukan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah cocok keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang dapat Anda coba praktekkan sendiri.
B. Patut Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti

Sepatutnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan kepada target audiens bisa tersalurkan dengan terang dan tidak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali ragam font yang dipakai, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu diamati agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna saat mendesain poster lazimnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Sepatutnya selanjutnya ialah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap

Desain sederhana dan minimalis pun dapat menarik perhatian selama desain hal yang demikian menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini sepatutnya dipertimbangkan pada saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Kalau Ukuran

Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beragam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens

Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans atensi audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai diwujudkan, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak layak dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan merupakan sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berharap dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan digunakan,
Pada sebagian daerah percetakan lazimnya akan lebih murah sekiranya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Digital vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 jenis, adalah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan komputerisasi, biasanya mesin yang akan diaplikasikan ialah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pengerjaan pelaksanaan yang kencang.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain adalah sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah dibandingi percetakan offset,
Progres akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, namun lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Beberapa cara kerja biasanya lebih cepat diperbandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset merupakan cara percetakan yang paling tepat untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain ialah sebagai berikut:

Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sangat mahal,
Jauh lebih murah jika mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata dapat mencetak sampai ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama dibandingi percetakan digital.

E. Sebagian yang memberi pengaruh tarif cetak poster

Beberapa faktor yang akan memberi pengaruh tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian spot UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama