Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dibuat oleh banyak orang.
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menggunakan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan mengaplikasikan beraneka variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beragam ukuran kertas yang beragam, tetapi yang umumnya digunakan antara lain merupakan sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan sangat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang biasanya memakai sebagian macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beraneka elemen, merupakan lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang amat berjenis-jenis dan untuk bermacam tujuan, serta telah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pengerjaannya seharusnya amat dilihat dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun hasilnya tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang terlihat di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Kalau desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih kebingungan dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang digunakan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut selanjutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain simpel dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens
Seharusnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan beragam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diciptakan, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada saat akan mencetak poster yang biasanya dikerjakan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diaplikasikan ialah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres pengerjaan yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa cara kerja umumnya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)
Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-kiat promosi menggunakan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster adalah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tidak cuma terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan mengaplikasikan beraneka variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menentukan ukuran poster, Anda dapat memilih dari beragam ukuran kertas yang beragam, tetapi yang umumnya digunakan antara lain merupakan sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang digunakan untuk poster akan sangat tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang biasanya memakai sebagian macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh beraneka elemen, merupakan lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan ditempelkan poster tersebut.
Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang biasanya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita ketahui sekarang ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Ketika masa perang, terutama perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang amat berjenis-jenis dan untuk bermacam tujuan, serta telah diaplikasikan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran info, propaganda, hingga promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa figur kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran
cara-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan pengerjaannya seharusnya amat dilihat dan tak hanya dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menentukan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diinginkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membuat poster yang kreatif serta tepat target dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun hasilnya tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama merupakan mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menerapkan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi masukan memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan warna yang terlihat di layar komputer atau laptop Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Kalau desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih kebingungan dalam menetapkan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti
Harus pertama, pastikan poster gampang dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali variasi font yang digunakan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi tenar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Patut selanjutnya adalah membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain simpel dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan amat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini seharusnya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Bila Ukuran
Sasaran Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar konsisten terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Kiat Audiens
Seharusnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kans atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan beragam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Sebagian desain poster selesai diciptakan, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.
Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada saat akan mencetak poster yang biasanya dikerjakan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, biasanya mereka akan terbagi menjadi 2 macam, yakni vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan diaplikasikan ialah mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan progres pengerjaan yang pesat.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) umumnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Proses akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan biasanya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa cara kerja umumnya lebih cepat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yaitu metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:
Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Umumnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama diperbandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang memberi pengaruh biaya cetak poster
Sebagian elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain yaitu sebagai berikut:
Tips bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)