Jasa Poster Terbaik di Manggarai Barat

Poster adalah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga yaitu salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan diterangkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan cara dan tips desain, bagaimana proses percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi menggunakan poster yang efektif untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diterapkan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak hanya terdiri dari satu jenis saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dijadikan menerapkan berjenis-jenis macam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari bermacam-macam ukuran kertas yang bermacam-macam, melainkan yang biasanya digunakan antara lain merupakan sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan sungguh-sungguh tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menggunakan sebagian variasi kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditentukan oleh bermacam-macam faktor, merupakan lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan direkatkan poster hal yang demikian.

Contohnya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tak memiliki bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang digunakan sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang lazimnya digunakan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, melainkan untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster dihasilkan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yaitu menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang benar-benar beragam dan untuk bermacam tujuan, serta sudah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, hingga promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian contoh kegunaan poster yaitu sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Metode Membuat Poster yang Kreatif dan Sasaran

sistem-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pengerjaannya mesti amat diamati dan tidak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, sasaran audiens, hingga kepada prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sistem membikin poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya tetapi kesudahannya konsisten maksimal.
A. Mendesain Poster

Tingkatan pertama adalah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami menganjurkan menerapkan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih pantas dengan warna yang tampak di layar komputer atau notebook Anda.

Metode Membikin Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk memulai desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Jika desain poster yang sudah anda buat

Maya Anda masih linglung dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah sesuai keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Harus Desain Poster
1. Poster Mudah Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti

Harus pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga info yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Tips dan Ukuran Font untuk Poster

Masih terkait dengan tips sebelumnya, dikala mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang diaplikasikan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dilihat supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat target audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Sepatutnya berikutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang malahan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap

Desain sederhana dan minimalis malahan dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Sekiranya Ukuran

Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diaplikasikan.
8. Kiat Audiens

Sepatutnya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca artikel kami mengenai desain poster total untuk mendapatkan berbagai tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Beberapa desain poster selesai dihasilkan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak pantas dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu diperhatikan pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dikerjakan ialah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (format .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan ragam dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa daerah percetakan biasanya akan lebih murah seandainya Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, yakni vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan diterapkan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan proses pengerjaan yang kencang.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis digital ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Progres akan lebih mahal jikalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang bisa dicetak bervariasi, tetapi lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran maksimal A3,
Sebagian proses umumnya lebih pesat dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yakni metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:

Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan benar-benar mahal,
Jauh lebih murah sekiranya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa progres lebih lama diperbandingkan percetakan digital.

E. Beberapa yang memberi pengaruh tarif cetak poster

Sebagian elemen yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau pemakaian titik UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama