Jasa Poster Terbaik di Mamuju Utara

Poster yaitu satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang dapat Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak diwujudkan oleh banyak orang.

Berikut akan dibeberkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan kiat desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga kiat-tips promosi memakai poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang lazimnya dipakai untuk mempromosikan suatu aktivitas, event, acara, ataupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tidak hanya terdiri dari satu variasi saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan menggunakan bermacam jenis bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam memutuskan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berbagai ukuran kertas yang bermacam, namun yang umumnya diterapkan antara lain yaitu sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang lazimnya menggunakan sebagian variasi kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Menetapkan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan ditetapkan oleh pelbagai unsur, adalah lokasi tempat poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.

Misalnya Anda akan memasang poster pada halte bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diterapkan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri sudah ada sejak mesin percetakan pertama kali dihasilkan pada tahun 1700an yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster mempunyai kegunaan yang benar-benar berjenis-jenis dan untuk berbagai tujuan, serta sudah digunakan semenjak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian model kegunaan poster yakni sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif

cara-desain-poster

Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan cara kerjanya harus benar-benar dipandang dan tak cuma dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, mempertimbangkan ukuran, sasaran audiens, sampai terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sangat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta tepat sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun walhasil tetap maksimal.
A. Mendesain Poster

Tingkatan pertama ialah mendesain poster, yang dapat Anda lakukan menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi saran memakai Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih pantas dengan warna yang terlihat di layar komputer atau laptop Anda.

Sistem Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Kalau desain poster yang telah anda buat

Dunia Anda masih keder dalam memastikan konsep desain, cobalah “mencontoh” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah layak kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Gampang Dibaca dan Gampang Dimengerti

Semestinya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga kabar yang akan Anda berikan kepada sasaran audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berkaitan dengan tips sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang diaplikasikan, apakah gampang dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu dipandang agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membikin sasaran audiens menjadi tenar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Mesti berikutnya merupakan membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti sepatutnya penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta faktor yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap

Desain simpel dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran

Sasaran Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens

Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kans ketertarikan audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan berjenis-jenis tips tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai dijadikan, berikutnya yaitu menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.

Beberapa hal yang perlu dilihat pada saat akan mencetak poster yang lazimnya dikerjakan adalah sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada beberapa tempat percetakan biasanya akan lebih murah jikalau Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan memakai percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, ialah vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital

Pada percetakan komputerisasi, lazimnya mesin yang akan dipakai merupakan mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan pelaksanaan pengerjaan yang pesat.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan tipe digital ini antara lain yakni sebagai berikut:

Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal apabila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan komputerisasi printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian pelaksanaan umumnya lebih kencang dibandingi offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset yaitu sistem percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan ragam offset ini antara lain adalah sebagai berikut:

Tidak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah seandainya mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, namun rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian pengerjaan lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.

E. Sebagian yang mempengaruhi tarif cetak poster

Beberapa unsur yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:

Tips bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga lazimnya berdampak pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan titik UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama