Poster merupakan satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun aktivitas yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat memakai pelbagai variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beraneka ukuran kertas yang bermacam, tetapi yang lazimnya dipakai antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan benar-benar tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang lazimnya memakai sebagian macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berjenis-jenis elemen, adalah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Umpamanya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terpenting perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul bermacam-macam dan untuk beragam tujuan, serta sudah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
metode-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan cara kerjanya harus sangat diperhatikan dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tetapi walhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yaitu mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi saran mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih pantas dengan warna yang terlihat di layar komputer atau notebook Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Bila desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih keder dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus berikutnya yakni membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dibuat, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan umumnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan digunakan yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja progres yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal jikalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa pelaksanaan biasanya lebih pesat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa faktor yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)
Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan kiat desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-tips promosi menerapkan poster yang tepat sasaran untuk keperluan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yakni perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak cuma terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa dibuat memakai pelbagai variasi bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari beraneka ukuran kertas yang bermacam, tetapi yang lazimnya dipakai antara lain yaitu sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang diterapkan untuk poster akan benar-benar tergantung pada keperluan serta keperluan Anda, yang lazimnya memakai sebagian macam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Mempertimbangkan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berjenis-jenis elemen, adalah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Umpamanya Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, karenanya ukuran yang diaplikasikan sebaiknya tak lebih besar dari A3 atau pun A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri telah ada semenjak mesin percetakan pertama kali diciptakan pada tahun 1700an yang umumnya diterapkan untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, tetapi untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terpenting perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya adalah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster memiliki kegunaan yang betul-betul bermacam-macam dan untuk beragam tujuan, serta sudah diaplikasikan sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran berita, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Sebagian model kegunaan poster yakni sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Efektif
metode-desain-poster
Dalam membuat poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan cara kerjanya harus sangat diperhatikan dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, memutuskan ukuran, target audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang benar-benar penting sebagai suatu kesatuan guna menempuh tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif tetapi walhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yaitu mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami memberi saran mengaplikasikan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diciptakan akan lebih pantas dengan warna yang terlihat di layar komputer atau notebook Anda.
Cara Membuat Desain Poster Unduh Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster cocok kebutuhan
Bila desain poster yang telah anda buat
Dunia Anda masih keder dalam mempertimbangkan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian tips desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Semestinya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Mesti pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan terhadap target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih terkait dengan kiat sebelumnya, ketika mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali macam font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu diperhatikan agar tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna dikala mendesain poster umumnya akan terkait dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan agar membuat sasaran audiens menjadi familiar dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Harus berikutnya yakni membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti wajib penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Tiap-tiap
Desain sederhana dan minimalis bahkan bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bertumpu pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini wajib dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Apabila Ukuran
Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk bermacam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap terang terbaca oleh sasaran audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Tips Audiens
Wajib terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, baik dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kesempatan atensi audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dibuat, berikutnya yakni menyiapkan poster untuk dicetak cocok dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu diamati pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilaksanakan ialah sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang ingin dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diterapkan,
Pada sebagian daerah percetakan umumnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Digital vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, lazimnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, yaitu vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi
Pada percetakan komputerisasi, umumnya mesin yang akan digunakan yakni mesin printer laser yang memiliki resolusi besar dan cara kerja progres yang kencang.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain yaitu sebagai berikut:
Biasanya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Pengerjaan akan lebih mahal jikalau membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan umumnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa pelaksanaan biasanya lebih pesat dibandingi offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset yakni metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan sistem memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan jenis offset ini antara lain ialah sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan amat mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti digital printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, tapi rata-rata dapat mencetak hingga ukuran A0,
Lazimnya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Beberapa pelaksanaan lebih lama dibandingkan percetakan digital.
E. Beberapa yang mempengaruhi tarif cetak poster
Beberapa faktor yang akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain merupakan sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diaplikasikan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berimbas pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)