Poster ialah satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan dan juga ialah salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak hanya terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diwujudkan menerapkan berbagai tipe bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berbagai ukuran kertas yang berjenis-jenis, namun yang lazimnya dipakai antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya mengaplikasikan beberapa ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berjenis-jenis elemen, adalah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang umumnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat beraneka dan untuk pelbagai tujuan, serta sudah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan cara kerjanya harus amat diamati dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun hasilnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yaitu mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menyarankan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih cocok dengan warna yang tampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Jikalau desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Sepatutnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan kepada target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang digunakan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib berikutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain simpel dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dilakukan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian daerah percetakan umumnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, merupakan vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan diaplikasikan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pengerjaan cara kerja yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Cara akan lebih mahal apabila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian pengerjaan biasanya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Sebagian unsur yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)
Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan metode dan tips desain, bagaimana progres percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi mengaplikasikan poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?
apa-itu-poster
Poster yaitu perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang biasanya dipakai untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, ataupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster
bahan-ukuran-poster
Tak hanya terdiri dari satu tipe saja, poster mempunyai fleksibilitas yan tinggi sehingga bisa diwujudkan menerapkan berbagai tipe bahan dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster
Dalam menetapkan ukuran poster, Anda bisa memilih dari berbagai ukuran kertas yang berjenis-jenis, namun yang lazimnya dipakai antara lain ialah sebagai berikut:
A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)
B. Bahan Kertas Poster
Bahan yang dipakai untuk poster akan sangat tergantung pada kebutuhan serta keperluan Anda, yang biasanya mengaplikasikan beberapa ragam kertas sebagai berikut:
Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm
C. Memutuskan Bahan dan Ukuran Poster
Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh berjenis-jenis elemen, adalah lokasi daerah poster hal yang demikian akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster hal yang demikian.
Contohnya Anda akan memasang poster pada halte bis yang tak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau bahkan A4.
Sejarah Poster
sejarah-poster
Poster sendiri sudah ada semenjak mesin percetakan pertama kali dijadikan pada tahun 1700an yang umumnya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita kenal kini ini mulai berkembang sejak tahun 1840-1850an.
Dikala masa perang, terlebih perang dunia 1 dan 2, poster dibuat sebagai alat propaganda kepada masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya yakni menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar semangat, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster
Poster mempunyai kegunaan yang amat beraneka dan untuk pelbagai tujuan, serta sudah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran kabar, propaganda, sampai promosi film, pentas, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.
Beberapa model kegunaan poster adalah sebagai berikut:
Poster film bioskop,
Poster acara atau kesibukan,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.
Cara Membuat Poster yang Kreatif dan Efektif
cara-desain-poster
Dalam membikin poster yang kreatif sekalian efektif, keseluruhan cara kerjanya harus amat diamati dan tak cuma dari satu segi saja.
Mulai dari mendesain, menetapkan ukuran, sasaran audiens, hingga terhadap prosedur percetakannya sama-sama mempunyai peran yang sungguh-sungguh penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membikin poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir tarif namun hasilnya konsisten optimal.
A. Mendesain Poster
Tingkatan pertama yaitu mendesain poster, yang dapat Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw.
Kami menyarankan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang diwujudkan akan lebih cocok dengan warna yang tampak di layar komputer atau komputer jinjing Anda.
Sistem Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva
Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster sesuai kebutuhan
Jikalau desain poster yang sudah anda buat
Dunia Anda masih keder dalam memutuskan konsep desain, cobalah “meniru” dari desain poster yang tersedia di Tips dan ubahlah pantas kebutuhan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan beberapa kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Seharusnya Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Mudah Dimengerti
Sepatutnya pertama, pastikan poster gampang dibaca serta gampang dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan kepada target audiens bisa tersalurkan dengan jelas dan tak terjadi miskomunikasi maupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster
Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang digunakan, apakah gampang dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain poster umumnya akan berhubungan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin sasaran audiens menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”
Wajib berikutnya ialah membuat desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti patut penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang pun membingungkan.
5. Desain Minimalis Tak Setiap
Desain simpel dan minimalis pun bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari sasaran audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster hal yang demikian dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti telah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan benar-benar bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi sasaran pemasangan poster, sehingga hal ini semestinya dipertimbangkan pada dikala mendesainnya.
7. Desain Untuk Jikalau Ukuran
Target Anda belum mengenal lokasi pemasangan, buatlah sebagian versi poster untuk bermacam-macam ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang diterapkan.
8. Kiat Audiens
Semestinya terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis maupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan kesempatan minat audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk menerima pelbagai kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster
Beberapa desain poster selesai dihasilkan, berikutnya merupakan menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.
Beberapa hal yang perlu dipandang pada dikala akan mencetak poster yang biasanya dilakukan yaitu sebagai berikut:
Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (wujud .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang memiliki resolusi tinggi),
Tentukan jenis dan ketebalan kertas yang akan diaplikasikan,
Pada sebagian daerah percetakan umumnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan mengaplikasikan percetakan digital atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).
D. Percetakan Komputerisasi vs Offset
Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 ragam, merupakan vendor percetakan digital dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Digital
Pada percetakan digital, umumnya mesin yang akan diaplikasikan merupakan mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan pengerjaan cara kerja yang pesat.
Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam digital ini antara lain adalah sebagai berikut:
Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) lazimnya akan lebih murah dibandingkan percetakan offset,
Cara akan lebih mahal apabila membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, melainkan lazimnya vendor percetakan digital printing hanya menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Sebagian pengerjaan biasanya lebih pesat dibandingkan offset
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset
Percetakan offset adalah metode percetakan yang paling ideal untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dijalankan dengan metode memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.
Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi offset ini antara lain yakni sebagai berikut:
Tak bisa mencetak satuan, kalaupun dipaksakan maka harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah bila mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak hingga ukuran A0,
Biasanya memakai tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian cara kerja lebih lama dibandingi percetakan komputerisasi.
E. Beberapa yang mempengaruhi biaya cetak poster
Sebagian unsur yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain adalah sebagai berikut:
Kiat bahan kertas yang diterapkan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berakibat pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penggunaan spot UV atau emboss)