Jasa Poster Terbaik di Banda Aceh

Poster yakni satu dari sekian banyak perangkat pemasaran yang bisa Anda pakai untuk menyampaikan produk, jasa, bisnis, usaha, acara, maupun kesibukan yang akan diselenggarakan dan juga adalah salah satu produk percetakan yang banyak dihasilkan oleh banyak orang.

Berikut akan ditunjukkan mengenai apa yang dimaksud dengan poster, kemudian kami juga akan memberikan sistem dan tips desain, bagaimana pengerjaan percetakan dari poster, dan juga tips-kiat promosi memakai poster yang efektif untuk kebutuhan Anda.
Apa itu Poster ?

apa-itu-poster

Poster ialah perangkat promosi dan pemasaran yang dicetak satu sisi pada selembar kertas berukuran besar tanpa lipatan, yang umumnya diaplikasikan untuk mempromosikan suatu kegiatan, event, acara, maupun mempromosikan suatu produk, jasa, bisnis, maupun usaha.
Bahan dan Ukuran Poster

bahan-ukuran-poster

Tak hanya terdiri dari satu ragam saja, poster memiliki fleksibilitas yan tinggi sehingga dapat dihasilkan memakai bermacam macam bahan dan juga ukuran yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.
A. Ukuran Poster

Dalam mempertimbangkan ukuran poster, Anda dapat memilih dari berbagai ukuran kertas yang beragam, namun yang biasanya digunakan antara lain ialah sebagai berikut:

A0 (84,1 x 118,9 cm),
A1 (59,4 x 84,1 cm),
B1 (70,7 x 100 cm),
B2 (50 x 70,7cm),
A2 (42 x 59,4 cm),
A3 (29,7 x 42 cm),
A4 (21 x 29,7 cm)

B. Bahan Kertas Poster

Bahan yang diaplikasikan untuk poster akan betul-betul tergantung pada keperluan serta kebutuhan Anda, yang umumnya menggunakan beberapa variasi kertas sebagai berikut:

Art Paper 150 gsm
Art Carton 190 gsm
Art Carton 210 gsm
Art Carton 230 gsm
Matte Paper / Kertas Majalah 150 gsm
HVS 80 gsm

C. Memastikan Bahan dan Ukuran Poster

Pemilihan bahan dan ukuran ini akan diatur oleh beraneka elemen, yakni lokasi daerah poster tersebut akan dipasang serta seberapa luas bidang yang akan dilekatkan poster tersebut.

Seumpama Anda akan memasang poster pada tempat pemberhentian bus yang tidak mempunyai bidang yang luas untuk dipasang poster, maka ukuran yang dipakai sebaiknya tidak lebih besar dari A3 atau malahan A4.
Sejarah Poster

sejarah-poster

Poster sendiri telah ada sejak mesin percetakan pertama kali dibuat pada tahun 1700an yang biasanya dipakai untuk mempromosikan pertunjukan drama atau teater, namun untuk poster modern seperti yang kita kenal sekarang ini mulai berkembang semenjak tahun 1840-1850an.

Ketika masa perang, khususnya perang dunia 1 dan 2, poster dijadikan sebagai alat propaganda terhadap masyarakat oleh kedua kubu, yang gunanya ialah menjatuhkan citra dari pihak lawan ataupin sebagai pengobar motivasi, patriotisme, dan nasionalisme masyarakat kala itu.
Kegunaan Poster

Poster memiliki kegunaan yang betul-betul berjenis-jenis dan untuk berbagai tujuan, serta telah dipakai sejak lama, mulai dari sebagai alat penyebaran isu, propaganda, sampai promosi film, panggung, pertunjukkan, produk, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Sebagian teladan kegunaan poster merupakan sebagai berikut:

Poster film bioskop,
Poster acara atau aktivitas,
Poster promosi produk,
Poster promosi jasa,
Poster pesan layanan masyarakat,
Poster ajakan untuk suatu gerakan,
Poster yang berisi pengumuman,
dan lain-lain.

Sistem Membikin Poster yang Kreatif dan Sasaran

cara-desain-poster

Dalam membuat poster yang kreatif sekalian tepat sasaran, keseluruhan pelaksanaannya mesti amat diperhatikan dan tak hanya dari satu segi saja.

Mulai dari mendesain, memastikan ukuran, sasaran audiens, sampai kepada prosedur percetakannya sama-sama memiliki peran yang amat penting sebagai suatu kesatuan guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana metode membuat poster yang kreatif serta ideal sasaran dan juga efisien sehingga akan meminimalisir biaya namun walhasil tetap optimal.
A. Mendesain Poster

Tahapan pertama yakni mendesain poster, yang bisa Anda lakukan mengaplikasikan program desain seperti Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

Kami memberi masukan menggunakan Coreldraw dikarenakan program ini lebih kompatibel dengan banyak mesin percetakan, serta warna yang dibuat akan lebih cocok dengan warna yang tampak di layar komputer atau notebook Anda.

Cara Membuat Desain Poster Download Menarik Dengan Canva

Buka Canva.com
Cari menu create design dan pilih menu Poster
Pilih template untuk mengawali desain poster anda
Edit gambar dan text di template poster pantas kebutuhan
Kalau desain poster yang sudah anda buat

Maya Anda masih kebingungan dalam memutuskan konsep desain, cobalah “mengikuti” dari desain poster yang tersedia di Kiat dan ubahlah pantas keperluan Anda seperti logo, kata-kata, warna, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan sebagian kiat desain poster yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.
B. Wajib Desain Poster
1. Poster Gampang Mudah Dibaca dan Gampang Dimengerti

Sepatutnya pertama, pastikan poster mudah dibaca serta gampang dimengerti sehingga isu yang akan Anda berikan kepada target audiens dapat tersalurkan dengan terang dan tak terjadi miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Kiat dan Ukuran Font untuk Poster

Masih berkaitan dengan kiat sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali tipe font yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tak, dan juga ukurannya perlu dipandang supaya tak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster

Pemilihan warna dikala mendesain poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membikin target audiens menjadi terkenal dan gampang membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu “Ramai”

Patut selanjutnya yakni membikin desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tak berarti harus penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta unsur yang bahkan membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Tiap-tiap

Desain simpel dan minimalis malah dapat menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemilihan ukuran poster akan betul-betul bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini mesti dipertimbangkan pada ketika mendesainnya.
7. Desain Untuk Jika Ukuran

Target Anda belum mengetahui lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk beraneka ukuran untuk menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster agar tetap jelas terbaca oleh target audiens, apa saja ukuran yang dipakai.
8. Kiat Audiens

Mesti terakhir, pastikan desain poster Anda disesuaikan dengan sasaran audiens yang anda sasar, bagus dari segi demografis ataupun psikografis, sehingga akan bisa lebih meningkatkan peluang ketertarikan audiens hal yang demikian untuk membaca poster yang dipasang.

Silahkan baca tulisan kami mengenai desain poster sempurna untuk mendapatkan bermacam-macam kiat tambahan dalam merancang desain poster yang terbaik.
C. Mencetak Poster

Sebagian desain poster selesai diciptakan, berikutnya ialah menyiapkan poster untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagian hal yang perlu dilihat pada ketika akan mencetak poster yang biasanya dilakukan merupakan sebagai berikut:

Menyiapkan file mentah dari poster yang berkeinginan dicetak (bentuk .cdr, .ai, .psd, atau .jpg dan .png yang mempunyai resolusi tinggi),
Tentukan variasi dan ketebalan kertas yang akan dipakai,
Pada sebagian tempat percetakan lazimnya akan lebih murah apabila Anda membeli dan menyediakan kertas sendiri.
Tentukan apakah akan menerapkan percetakan komputerisasi atau offset (akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini).

D. Percetakan Komputerisasi vs Offset

Dalam memilih vendor percetakan, umumnya mereka akan terbagi menjadi 2 tipe, ialah vendor percetakan komputerisasi dan vendor percetakan offset, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kerugiannya tersendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Komputerisasi

Pada percetakan digital, biasanya mesin yang akan dipakai ialah mesin printer laser yang mempunyai resolusi besar dan progres cara kerja yang pesat.

Sebagian kelebihan dan kekurangan dari percetakan variasi komputerisasi ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Lazimnya mencetak satuan,
Untuk kuantiti sedikit (di bawah 500-1000 lembar) biasanya akan lebih murah diperbandingkan percetakan offset,
Kerja akan lebih mahal sekiranya membutuhkan cetak poster dalam kuantitas besar,
Luas bidang yang dapat dicetak bervariasi, tapi lazimnya vendor percetakan digital printing cuma menyediakan cetak pada ukuran optimal A3,
Beberapa cara kerja biasanya lebih kencang dibandingkan offset

Kelebihan dan Kekurangan Percetakan Offset

Percetakan offset merupakan metode percetakan yang paling pas untuk skala besar, yang mana pada mesin offset percetakan dilakukan dengan cara memindahkan materi desain dari plat ke suatu lapisan karet untuk kemudian baru dicetak pada kertas.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari percetakan macam offset ini antara lain merupakan sebagai berikut:

Tak dapat mencetak satuan, kalaupun dipaksakan karenanya harganya akan sungguh-sungguh mahal,
Jauh lebih murah jikalau mencetak dalam kuantitas besar (> 1000 lembar poster),
Sama seperti komputerisasi printing, luas bidang yang dicetak bervariasi dan tergantung dari mesin cetak yang dimiliki oleh vendor, melainkan rata-rata bisa mencetak sampai ukuran A0,
Umumnya mengaplikasikan tinta khusus seperti emas dan perak,
Sebagian proses lebih lama diperbandingkan percetakan komputerisasi.

E. Sebagian yang memberi pengaruh tarif cetak poster

Beberapa faktor yang akan mempengaruhi tarif yang dikeluarkan untuk mencetak poster antara lain ialah sebagai berikut:

Kiat bahan kertas yang digunakan,
Ukuran kertas poster,
Hitam-putih atau berwarna (full colour),
Jumlah poster yang akan dicetak,
Desain poster juga umumnya berpengaruh pada percetakan offset
Finishing pada poster (Laminasi doff, glossy, atau penerapan titik UV atau emboss)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama